Kamera CCTV

CCTV kamera ( Closed Circuit Television ) merupakan sebuah perangkat kamera video berupa digital yang memberikan sinyal kepada sebuah monitor yang sudah di link dengan kamera tersebut di suatu ruangan pengendali.

Sistematis kerja kamera CCTV memiliki satu kesatuan system yang memilikibeberapa perlengkapan yaitu :


Kamera

Kamera CCTV ini berfungsi sebagai alat pengambil gambar, ada beberapa tipe kamera yang membedakan dari segi kualitas, penggunaan dan fungsinya 2 hal yang paling utama adalah, camera CCTV analog dan Camera CCTV Network dimana kamera analog menggunakan satu solid kable untuk setiap kamera yang berarti, setiap kamera akan harus terhubung ke DVR atau system secara langsung sedangkan Camera Network atau yang biasa di sebut IP Kamera, bisa menggunakan jejaring yang berarti akan menghemat dari segi installasi karena network bersifat pararel dan bercabang tidak memerlukan satu kabel khusus untuk tiap kamera dalam pengaksesannya.

DVR

DVR (Digital Video Recorder). ini adalah system yang digunakan oleh kamera CCTV untuk merekam semua gambar yang di kirim oleh kamera dalam sistem ini banyak fitur yang bisa kita manfaatkan untuk pelengkap keamanan, salah satunya adalah merekam semua kejadian dan hasil rekaman ini yang biasa digunakan di dalam peradilan untuk membuktikan suatu kejadian dalam sebuah sistem kamera, jumlah dan kualitas rekaman akan ditentukan oleh DVR ini.

Dalam catatan sejarahnya, kamera CCTV ini di perkenalkan pertama kali oleh perusahaan Siemens AG, pada saat itu kamera ini di pasang untuk menguji coba senjata militer yang terletak di kota kecil di Jerman, Peenemunde. Uji coba ini di beri nama Test Stand VII, itu berlangsung pada tahun 1942 silam.  Kamera CCTV ini di maksudkan untuk mengamati peluncuran Rocket V-2 dan pada saat itu orang yang pertama kali merancang dan mendesain kamera CCTV pada rocket V-2 adalah seorang Insinyur berkebangsaan Jerman, Walter Bruch. berkebangsaan Jerman, Walter Bruch.

Pada tahun 1968, tepatnya di daerah Olean kota pinggiran di New York merupakan wilayah pertama kali yang memakai kamera CCTV pada setiap sudut kotanya.  Karena di sepanjang jalan kota Olean itu terdapat distrik bisnis untuk mengamankan atau memantau pusat penjualan itu dari timbulnya kejahatan, seperti perampokan dan pencurian.

Di Inggris sendiri, penggunaan kamera CCTV pertama kali diimplementasikan di King’s Lynn, Norfolk.  Pada saat itu sedang ada pagelaran besar-besaran seperti pawai dan pertemuan politik orang-orang penting, pada saat itu juga aparat keamanan tidak dapat memantau satu persatu orang karena banyaknya orang yang datang, maka dalam keamanan suatu wilayahnya mereka memakai kamera CCTV untuk memantau para pengunjung pagelaran yang mungkin akan berindikasi jahat dan memanfaatkan keadaan untuk mencuri.

Pada saat sekarang pun kamera CCTV sudah sering di pakai pada fasilitas-fasilitas umum seperti di bank tentunya yang selalu harus di jaga dengan ketat, tempat mesin pengambilan uang ( ATM ), pusat perbelanjaan , maupun di sebuah bandara.  Karena kamera ini berfungsi untuk di gunakan pada tempat yang memang di peruntukan untuk umum juga di gunakan pula pada ruangan yang khusus dan rahasia untuk mengantisipasi ada penyusup yang masuk.

0 komentar: