Alasan Pentingnya Pemakaian Jasa Cleaning Service

Persaingan Usaha Outsourcing semakin ketat dan gencar, karena banyaknya jasa-jasa mereka terpakai oleh perusahaan besar yang baru membuat gedung perkantoran dan gedung perbelanjaan.  Salah satu aktivitas yang sering dan populer dilaksanakan dengan cara outsourcing adalah Jasa cleaning service atau jasa pembersihan. Alasan melakukan outsourcing cleaning service atau jasa pembersihan antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut:

1.   Meningkatkan fokus perusahaan

Dengan melakukan outsourcing cleaning service, perusahaan dapat memusatkan diri pada masalah dan strategi utama dan umum. Pelaksanaan aktivitas kebersihan sehari-hari, yang menghabiskan tenaga dan waktu jika ditangani sendiri, diserahkan pada pihak ketiga. Dengan meningkatkan fokus pada bisnis utamanya, perusahaan akan mampu lebih mengingkatkan lagi core competence atau kompetensi utamanya.

2.   Memanfaatkan kemampuan kelas dunia.

Secara alamiah, spesialisasi pekerjaan yang dimiliki dan dikembangkan oleh penyedia outsourcing cleaning service, mengakibatkan penyedia outsourcing cleaning service tersebut memiliki keunggulan kompetensi dibidangnya yaitu jasa pembersihan. Perusahaan cleaning service seringkali melakukan investasi jangka panjang dibidang peralatan kebersihan, pengembangan cara kerja serta pelatihan sumber daya manusianya sehingga betul-betul mahir dibidangnya. Disamping itu, perusahaan cleaning service sering kali mempunyai pengalaman cukup banyak bekerja dengan para kliennya dalam memecahkan masalah-masalah penanganan kebersihan dan pengelolaan SDM.

3.   Membagi Resiko

Apabila aktivitas pembersihan dan pemeliharaan gedung dilakukan oleh perusahaan sendiri, semua investasi yang diperlukan untuk setiap aktivitas tersebut harus dilakukan oleh perusahaan sendiri pula. Dengan demikian, seluruh resiko baik menyangkut resiko keuangan dan operasional, ditanggung sendiri. Namun jika di-outsourcing-kan maka resiko ditanggung bersama.

4.   Sumber daya sendiri dapat digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan lain.

Sumber daya perusahaan meliputi permodalan, sumber daya manusia, dan fasilitas. Dalam hal sumber daya manusia, tenaga yang selama ini digunakan untuk aktivitas cleaning service atau pembersihan dan pemeliharaan gedung yang nota bene kegiatan rutin dan kecil-kecil, dapat dialihkan untuk hal-hal lain seperti pemenuhan kebutuhan konsumen.

0 komentar: