Rayap

Siapa yg tak kenal akan rayap, memang tidak semua rayap adalah hewan yg merugikan namun Serangannya tergolong dahsyat. Jika dibiarkan, kayu akan keropos, tinggal kulitnya saja.

Rayap suka hidup di tempat-tempat gelap dan lembab. Seperti gudang yg selalu tertutup, garasi mobil, dak atau loteng yg terkena bocoran air, serta tempat cucian atau washtafel. Saat musim penghujan tiba, rayap berpesta pora.

Laron yg mengerubungi lampu di rumah pada malam hari saat musim hujan adalah cikal bakal rayap. Laron-laron itu akan bermetamorfosis menjadi rayap. Kualitas kayu yg makin menurun juga berperan membuat rayap leluasa berbiak.

Mengenal Kehadiran Rayap

  • Kehadiran rayap gampang dikenali. Pertama, jika terdapat butiran halus seperti pasir berjatuhan ke lantai. Setelah dibersihkan butiran itu kembali berguguran.
  • Kedua, ada suara kresek-kresek di bangunan rumah yg terbuat dari kayu. Ketiga, ada gundukan tanah memanjang dari atas ke bawah di tembok rumah.

Binatang ini juga biasanya sangat senang pada lingkungan dengan banyak kayu, untuk itu sangat rawan sekali jika di rumah kusen jendela dan pintu itu di hinggapi rayap maka akan habis dan rapuh peralatan rumah berbahan kayu.

Namun, Fesia memproduksi kusen jendela dan puntu dengan bahan PVC-u yang bertujuan untuk menghindari rayap yang mungkin akan mengganggu kayu-kayuan di rumah anda.

0 komentar: